Dandes Tandengan Tebang Pilih,Warga Keluhkan Proyek Pembangunan Jalan

Minahasa,inewscrime.com – Penyaluran Dana Desa (DanDes) di Desa Tandengan Kecamatan Eris Kabupaten Minahasa diduga tak merata dan disalahgunakan oleh Pemerintah setempat.

Seperti Proyek pembangunan jalan lorong antara Jaga III dan V dengan anggaran Rp 75.306.800,jenis kegiatan yaitu Pekerjaan betonisasi dan sebagai Pelaksana adalah TPK Desa Tandengan dengan Volume 166 M,Waktu pelaksanaan pekerjaan 10 hari Kalender dan Sumber dana dari APB-Des Tahun anggaran 2016.

Menurut warga setempat,pembangunan jalan di kompleks mereka tinggal tidak sesuai peruntukannya untuk anggaran sebesar itu karena tidak disertai dengan pembuatan saluran pembuangan (got).

“Anggaran 75 juta lebih dengan pembangunan betonisasi jalan sepanjang 166 meter tidak disertai pembuatan saluran pembuangan,menurut saya dana tersebut boleh cukup,tapi kenyataannya hanya jalan saja yang dibuat dan dana sudah habis tak ada sisa” ungkap salah satu warga yang tak ingin namanya di publikasikan.

Lanjut dia,”yang ada saluran pembuangan hanya di jalan yang rata saja,di jalan yang bertanjakan tidak ada saluran pembuangannya,jadi kalau hujan,air dari jalan yang bertanjakan mengalir kebawah dan masuk dalam pekarangan rumah warga”.

Bukan hanya pembangunan jalan saja yang dikeluhkan warga,tapi BUMDES Desa Tandengan juga terkesan tebang pilih,hanya orang orang terdekat dan koleha saja yang bisa memakai dan meminjam barang dari BUMDES tersebut.

(Redaksi)