Aksi Parasut Terbalik Theo De Blic Pukau Pengunjung Tetempangan Hills

INewscrime.com, Minahasa- Kesempatan langka dan berharga didapatkan oleh komunitas paragliding Indonesia saat Juara dunia Paragliding Acrobatic 2017, Theo De Blic asal Perancis,  memberikan pelatihan Simulate Incident De Vol (SIV) atau Simulasi Insiden dalam penerbangan Paralayang, sabtu (30/9/17).

Adapun momen  Akbar ini Pelaksanaannya disponsori oleh Kawanua Paragliding Club (KPC), dan didukung Manado Skyline/Wenny Lumentut, FASIDA Sulut, PGPI, serta Kemenpora.

Foto Theo De Blic bersama Owner Manado Tetempangan Hill
Franky Kowaas, ketua pelaksana Indonesia SIV and Acro Course 2017 mengatakan, kedatangan juara dunia ke Manado Skyline, sudah yang kedua kalinya.

“Yang pertama, Francois Raqolsky, asal Perancis juga, juara dunia 2016, pada akhir tahun lalu,” ungkap Kowaas.

Sekitar 40 peserta dari berbagai daerah di Indonesia, termasuk beberapa atlit Pelatnas Paralayang yang baru saja dikukuhkan sebagai Juara Dunia Paralayang 2017 nomor Ketepatan Mendarat di Slovenia.

“Diharapkan pelaksanaan pelatihan ini dapat meningkatkan skill dan kemampuan terbang pilot Indonesia, lebih khusus di Sulawesi Utara,” ujar Wenny Lunentut, owner Manado Skyline, yang juga Wakil Ketua DPRD Sulut.

Sebelum pelatihan dilakukan, Theo De Blic memperagakan berbagai manuver acrobatic ditas puncak Manado Skyline, disaksikan Kapolda Sulut, Walikota dan Wakil Walikota Tomohon, serta ribuan pengunjung. Aksi yang di lakukan oleh Theo de Blic benar benar memukau para penonton. Tak jarang para penonton harus menahan nafas menyaksikan akrobat yang di peragakan oleh de Blic.

“Kita pe kira so putus depe tali parasut soalnya so tabobale kwak tu parasut, nintau da bademon kote, “ujar seorang pengunjung dengan logat Manado yang kental.

Foto : Theo De Blic Saat Memberikan Coaching Clinic terkait Paralayang pada peserta pelatihan.

Pelatihan dimulai tanggal 29 September dan akan berakhir pada 8 Oktober 2017, di Manado Skyline Tetempangan Hills Flying Site, Desa Koha, Minahasa.

Secara terpisah, Ketua Paralayang Indonesia, Wahyu Yudha mengapresiasi kegiatan yang diprakarsai Kawanua Paragliding Club dan Manado Skyline ini.

“Pelatihan pelatihan seperti ini, sangat membantu meningkatkan kualaitas pilot paralayang Indonesia. Salute kepada KPC, yang untuk kedua kalinya lakukan kursus SIV,” kata Wahyu.

Theo De Blic sendiri, saat diwawancarai para awak wartawan mengatakan akan membagi ilmu terbang paralayang yang dia miliki kepada para peserta kursus.

“I think the participants have the ability to carry out some maneuvers, “he said, citing the congratulations to Indonesia who had just become world champion of landing accuracy.” He said.

“Saya rasa, peserta memiliki kemampuan untuk melaksanakan beberapa manuver,” ujarnya, seraya mengakatan selamat kepada Indonesia yang baru saja menjadi juara dunia ketepatan mendarat”.ujar De Blic.

Angela Tambahani Mononimbar (Sancai) Salah seorang peserta yang sempat di mintai tanggapannya mengenai kegiatan yang disponsori oleh Wenny Lumentut ini mengatakan bersyukur atas kepedulian dari Legislator partai Gerindra ini untuk mengembangkan olahraga Paralayang khususnya di Sulut.

Foto : Theo De Blic Bersama Maestro Terjun Payung Dan Paralayang Sulut Frangky Kowaas Dan Sancai salah seorang peserta pelatihan sedang berdiskusi.

“Apresiasi buat Pak Wenny Lumentut yang memprakarsai kegiatan ini, mendatangkan dua juara dunia ke Sulut bukanlah mudah, saya sebagai atlit Paralayang tidak akan menyia nyiakan kesempatan langka ini, saya akan menimba ilmu sebanyak banyaknya dari Theo De Blic, “ujar Sancai (nama panggilan)  yang juga seorang dokter gigi ini. (Bob)

Please follow and like us: