AA Pimpin Rapat Penyempurnaan RAPBD Sulut 2020 Bersama Sekprov & TAPD

AA Pimpin Rapat Penyempurnaan RAPBD Sulut 2020 Bersama Sekprov & TAPD

Manado, INewscrime.com- Bertempat di ruang rapat DPRD Sulut, Kamis (12/12) Ketua DPRD Sulut Andrei Angouw memimpin rapat dalam rangka membahas hasil evaluasi untuk penyempurnaan Ranperda tentang APBD Provinsi Sulut Tahun anggaran 2020 oleh Direktorat Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri RI.

Rapat ini antara Badan Anggaran (Banggar) DPRD Sulut dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD). Banggar di Pimpin Ketua Banggar ex officio Ketua DPRD Sulutbyang dihadiri lengkap pimpinan dan anggota Banggar. Sementara TAPD dipimpin oleh Ketuanya Sekprov Edwin Silangen dan jajaran TAPD lainnya seperti; Assisten III Bid.Administra Umum dan Keuangan, Kepala Inspektorat, Kaban Keuangan, Kepala Bapenda, Karo Hukum dan pejabat instansi terkait lainnya yang masuk dalam TAPD.

Dalam pembahasan dibicarakan tentang anggaran belanja pembangunan setelah dievaluasi oleh Kemendagri.Hangat dalam pembahasan adalah soal anggaran buat rakyat miskin tentang subsidi Pemerintah Daerah terhadap BPJS sebesar 86 M setelah ada ketambahan 24 M untuk selisih kenaikan Anggaran BPJS.

Bagi Ketua TAPD bahwa kendati dicover oleh Pemerintah Pusat tapi tidak semua 15 Kota Kabupaten bisa tercover. Pemda sendiri diberi kewajiban oleh Pemerintah Pusat untuk mencover BPJS tersebut termasuk kenaikan BPJS untuk para Tenaga Harian Lepas (THL) yang ada di Pemerintah Provinsi Sulut.

Ketua Banggar Andrei Angouw ikut menyampaikan bagaimana kita memanfaatkan Anggaran SILPA (Sisa Lebih Perhitungan Anggaran) sesuai aturan yang ada dalam hal Pemanfaatan SILPA. Sementara itu, hangat dalam pembahasan ini adalah begitu besarnya anggaran yang akan teralokasi pada pelaksanaan Pilkada.

Setelah mendapat kesempatan semua pihak baik pimpinan dan Anggota Banggar dan TAPD, Angouw sebagai Ketua Banggar langsung mengetuk Palu sebagai tanda pengambilan keputusan atas alokasi-alokasi anggaran yang sudah disepakati dalam pembahasan. (**/rkm)