MANADO,INEWSCRIME.COM-Bendera Merah Putih sepanjang 500 Meter dibentangkan di kedalaman 15 meter di bawah laut Malalayang, Kota Manado, Kamis (15/8/2019).

Kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka HUT ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia itu dihadiri Pangdam XIII Merdeka Mayjen TNI Tiopan Aritonang, Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Joseph Robert Giri, jajaran Polda Sulut dan para pejabat Pemprov Sulut.

Pangdam XIII/Merdeka dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan Selam Kebangsaan ini, selain sebagai sarana komunikasi sosial dengan warga masyarakat Kota Manado, pembentangan bendera merah putih raksasa di dasar laut ini juga dimaksudkan untuk memasyarakatkan olahraga selam. Bagaimanapun juga, salah satu ikon pariwisata Kota Manado dan Provinsi Sulawesi Utara adalah keindahan taman lautnya.

“Saya tentunya sangat mengapresiasi langkah panitia penyelenggara yang telah berupaya keras untuk mewujudkan kegiatan Serbuan Teritorial berupa acara Selam Kebangsaan ini; juga kepada seluruh pihak terkait yang berpartisipasi menyukseskan kegiatan ini,”ungkap Panglima.

Lebih lanjut Panglima mengajak seluruh warga untuk memajukan bangsa ini dengan mewujudkan misi SDM Unggul Indonesia Maju yang menjadi tema peringatan HUT ke-74 Proklamasi Kemerdekaan Negara Indonesia tahun ini.

“Melalui kegiatan Selam Kebangsaan Pembentangan Bendera Merah Putih Raksasa di Dasar Laut Pantai Malalayang Kota Manado, mari kita renungkan bersama jerih payah para pahlawan pendahulu bangsa,”tutup Pangdam.

Pada kesempatan itu, Gubernur Olly mengapresiasi jajaran Kodam XIII Merdeka yang telah menyelenggarakan pembentangan bendera tersebut.

“Tentunya ini menjadi kebanggaan bagi kita. Acara ini sangat bagus dan tentunya juga berdampak secara luas bagi pariwisata di Sulut,” kata Olly.

Olly menuturkan bahwa Bendera Merah Putih adalah salah satu identitas bangsa Indonesia, yang di dalamnya tersirat atau tersimpan makna filosofis (merah berarti berani, dan putih berarti suci) serta kisah perjuangan para pendahulu.

“Kita sebagai generasi-generasi yang tinggal mengisi kemerdekaan yang ada. Tentunya apa yang bisa kita renungi bagaimana bendera merah putih ini dicanangkan dalam rangka menjaga NKRI,” ucap Olly.

“Begitu banyak darah, harta dan segala yang dikorbankan untuk membawa NKRI ini. Dalam kesempatan ini tentunya kita sebagai warga negara yang baik tentunya harus terus menjaga dan membangkitkan semangat untuk pejuang-pejuang yang sudah lebih dulu membangun NKRI ini,” sambung Olly.

Sebagai informasi, pembentangan bendera merah putih dilakukan oleh 74 penyelam dari TNI dan masyarakat sesuai dengan angka 74, usia Kemerdekaan RI. Bendera ini memiliki panjang 500 meter dan lebar 6 meter.

Kegiatan ini juga didokumentasikan untuk kemudian ditayangkan pada 17 Agustus 2019, tepat di HUT ke-74 RI. (**/red)

74 Prajurit Kodam XIII/Merdeka Bentangkan Bendera Merah Putih Di Dasar Laut Pantai Malalayang

Contoh Widget

Ini adalah contoh widget untuk menunjukkan bagaimana sidebar Kiri tampil. Anda dapat menambahkan widget kustom dari layar widget. Jika widget kustom ditambahkan makan yang ini akan ditimpa.