350 Prajurit Yonif Raider 712/Wiratama Siap Amankan Perbatasan NKRI

Manado,iNewscrime – Dalam menjaga daerah perbatasan Batalyon Infanteri Raider 712/Wiratama yang dipimpin Danyon Letkol Inf Elvino Kurniawan telah mempersiapkan diri pada pelaksanaan tugas operasi pengamanan perbatasan sejak dari tanggal 26 januari 2017. Para pasukan Yonif Raider yang berjumlah 350 tersebut telah melaksanakan kegiatan latihan pratugas 1 dengan menerima berbagai materi termasuk tentang situasi terakhir daerah penugasan.

Kegiatan latihan yang sudah berjalan sejak tanggal 26 sampai dengan 29 Januari menerima berbagai materi kelas. Termasik materi yang diberikan oleh Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Ganip Warsito.

Selanjutnya pada tanggal 30 dan 31 Januari menerima materi lapangan yaitu pemeriksaan terhadap pelintas batas legal maupun ilegal, penanganam ilegal logging, mining, trafficking dan peredaran narkoba, serta pemberdayaan masyarakat daerah perbatasan melalui industri rumah tangga, pemberdayaan pertanian perkebunan kehutanan peternakan dan perikanan.

Tidak hanya itu, Pasukan Yonif Raider 712/Wt juga mendapat latihan bagaimana mengatasi perkembangan situasi bila mendapatkan serangan dan protap tentang prosedur dan gelar komunikasi TNI serta pengamanan Komunikasi Elektronik (Komlek).

Dalam kegiatan latihan tersebut guna melengkapi Satgas Pamtas Yonif Raider 712/Wiratama dalam penugasan maka hari selasa (31/01) melaksanakan Pergeseran Pasukan (Serpas) dari Mako Yonif ke daerah latihan lanjutan di Desa Kema Kabupaten Minahasa Utara (Minut) dengan materi yang sama sebagai latihan aplikasi daerah tugas nantinya.

Kegiatan latihan pratugas ini dikendalikan oleh Kasiops Korem 131/Santiago Kolonel Inf Leo Agung Prio Sambodo yang dibantu oleh Dan Secata Bitung Rindam XIII/Merdeka Letkol Inf Johan Marpaung serta para pelatih dan pembina jajaran Kodam XIII/Merdeka dan Korem 131/santiago.

(Sisca)