24 Wajah Baru Hiasi Kursi DPRD Kota Manado

Foto (Istimewa)

Manado, INewscrime.com- Setelah melewati beberapa tahapan yang penuh dinamika, usai sudah tahapan rekalpitulasi pemilu di Provinsi Sulawesi Utara yang berlangsung di Hotel Sintesa Peninsula 6-11 Mei 2019.

Khusus Dapil Kota Manado 4O nama pun telah didapatkan sebagai calon anggota DPRD Kota Manado. 24 diantaranya adalah pendatang baru.

PDI Perjuangan yang pada hajatan 5 tahun yang lalu hanya mendapatkan 6 kursi kali ini tampil digdaya dengan 10 kursi seingga di pastikan kursi pimpinan DPRD Kota Manado akan jatuh pada PDI Perjuangan.

Partai Demokrat yang menjadi penguasa dengan 9 kursi pada pileg lalu kali ini harus puas dengan raihan 6 kursi.

Sementara itu Partai Golkar berhasil mempertahankan 5 kursi yang mereka dapatkan pada pileg 2014. Sayangnya! Denny Sondakh, Ketua Golkar Kota Manado yang juga Wakil Ketua DPRD Kota Manado untuk priode 2019-2021 harus merelakan kursinya di rebut oleh pendatang baru Michael Maringka.

Hasil yang sama juga di dapatkan oleh PAN dan PKS yang berhasil mempertahankan raihan 4 kursi dan 2 kursi mereka sama seperti Pileg 2014.

Sementara itu Nasdem yang berambisi untuk menjadi peraup kursi terbanyak pasca berpindahnya GS Vicky Lumentut ke partai Nasdem pada hajatan pileg kali ini harus menunda ambisi mereka karena hanya mampu meraih 6 kursi. Namun di bandingkan perolehan kursi pada pileg 2014 di tahun 2019 ini Nasdem ketambahan 3 kursi menjadi 6 kursi.

Penurunan drastis alami oleh partai Hanura yang pada pileg 2014 meraih 4 kursi, kali ini harus puas dengan raihan 1 kursi yang didapatkan oleh Reynold Wuisan di Dapil 3 (Sario Malalayang).

2 partai pendatang baru menghiasi DPRD Kota Manado menggantikan PPP dan PKPI yang dipastikan kehilangan kursi pada priode 2019-2024 yaitu Perindo dan PSI yang masing masing mendapatkan 2 kursi dan 1 kursi hanya saja 2 kursi perindo di dapatkan oleh petahana yang pindah partai yaitu Revani Parasan dan Robert Tambuwun yang sebelumnya keduanya adalah kader Hanura. Sementara 1 kursi PSI di dapatkan oleh pendatang baru Jurani Rurubua.

Berikut Nama – Nama Calon Legislatif DPRD kota Manado 2019 – 2024 yang lolos pada Pemilihan Umum 17 April 2019.

DAPIL 1

Drs. Aaltje Dondokambey (PDIP)
Yanti Kumendong (Nasdem)
Royke A. Anter (Demokrat)
Suharto Ishak Kiu (Gerindra)
Conny Rares (Golkar)
Bambang Hermawan (PAN)
Andre Gerungan (PDIP)

DAPIL 2

hengky Noch Kawalo (PDIP)
Lily Walanda (Demokrat)
Frederik Tangkau (Nasdem)
Lily Binti (Golkar)
Jane Laluyan (PDIP)
Revani Parasan (Perindo)
Benny Parasan (Gerindra)
Jimmy Gosal (PDIP)
Lucky Datau (PAN)

DAPIL 3

Jean Sumilat (PDIP)
Nortje Van Bone (Demokrat)
Frangko Wangko (Nasdem)
Meikel Stif Marigka (Golkar)
Robert Tambuwun (Perindo)
Reynold Wuisan (Hanura)
Lukresia Masengi (PDIP)
Maikel Towoliu (Demokrat)

DAPIL 4

Zakarias Tatukude (PDIP)
Vanda Pinontoan (Demokrat)
Abdul Wahid Ibrahim (PAN)
Suyanto Yusuf (PKS)
Mona Kloer (Gerindra)
Andrey Laikun (Nasdem)
Ridwan Marlian (Golkar)

DAPIL 5

Jonas R. Makawata (PDIP)
Franseska KOlanus (Demokrat)
Arthur Rahasia (Nasdem)
Nanses Rakian (Gerindra)
Rosalita Yulianti Manday (PDIP)
Boby Daud (PAN)
Sonny lela (Golkar)
Syarifudin Saafa (PKS)
Jurani Rububua (PSI)

Ke 40 nama diatas tinggal menunggu penetapan pada tanggal 22 Mei 2019 dan akan dilantik pada bulan September sepanjang tak ada gugatan lewat Mahkamah Konstitusi.

(Robby Kumaat Mononimbar)